UMUM  

PT .ASIAN AGRI DELIMA MAKMUR BELUM SELESAIKAN SENGKETA LAHAN MASYARAKAT

Publikasipendidikan.com CIC Investigasi Aceh Khairul Amri Angkat Bicara Isu Strategis Sektor Perkebunan Kelapa Sawit Kabupaten Aceh Singkil

WALHI Aceh buka acara kordinasi tentang isu starategis perkebunan kelapa sawit Aceh Singkil di gedung pertemuan BAPEDA Aceh Singkil .

Yang di undang antara lain yaitu:Nara sumber peserta dan fasilisator
Pj.bupati Aceh Singkil
Marthunis ST .DEA.
nara sumber
Kepala Dinas Lingkungan Hidup
Aceh Singkil
kepala Badan Pertanahan
Kabupaten Aceh Singkil
Kepala Dinas Perkebunan Aceh Singkil Walhi Aceh

Peserta
Ketua DPRK Aceh Singkil
Kapolres Aceh Singkil
Kepala Bapeda Kabupaten Aceh Singkil
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh Singkil
Kepala DPMTSP kabupaten
Aceh Singkil
Kepala Dinas Badan Pertanahan Aceh Kabupaten Aceh Singkil
Muhamad Dia Uridha
Akademisi Stif Yasafa Aceh Singkil
Sahat Nainggolan APKASINDO
Muruyadi Yayasan Hutan Rawa
Aceh Singkil
LSM Harunsyah Pemuda Pecinta Alam Aceh Singkil
Abdul Berutu Rumah Melenial
Rahmad Hidayat Munandar
Lentera Aceh Singkil Tgk Makdan Sagala
Kadarudin Tokoh Masyarakat
Rusli Jabat Tokoh Masyarakat
Fasilisator
WALHI Aceh.

Yang menghadiri hanya Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Aceh Singkil Zulkifli, perwakilan Dinas pertanahan Aceh Singkil,Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aceh,perwakilan Kapolres ,Kasat Intel, Abdul Berutu Rumah Melenial, APKASINDO , KHAIRUL AMRI,RUSLI SIJABT tokoh masyarakat Aceh Singkil.

WALHI menanyakan kepada perserta yang berhadir di gedung aula BAPEDA Aceh Singkil mengenai hak dan kewajiban prusahaan dan Kordinasi Isu sengketa prusahaan kelapa sawit dengan masyarakat ( konflik tanah)

CIC .Corotion Investigation Comite Aceh .Khairul Amri memaparkan di dalam acara kordinasi WALHI Aceh di gelar di gedung aula BAPEDA Ceh Singkil. tentang permasalahan sengketa lahan yang di alami kelompok tani masyarakat Aceh Singkil terhadap ,PT.Asian agri Delima makmur yang berada di wilayah hukum kecamatan Danau paris,kabupaten Aceh Singkil,saat ini telah mengajukan tanah masyarakat kelompok tani (di klaim) untuk menjadikan HGU ke Mentri ATR/ BPN.

Padahal PT.Asian agri Delima makmur Belum menyelesaikan konflik lahan,belum membangunkan kebun masyarakat di seputaran Desa kecamatan Danau Paris,Biskang,Sintuban makmur.belum Klier & klien yang jadi salah satu syarat perizina untuk HGU.

Begitu juga dengan ekositim hutan dan koservasi, membuka kebun di pinggiran danau Paris,sehingga air danau sekarang mulai mengering (SAT) masyarakat kecamatan danau Paris merasa keberatan dan di rugikan .konon lagi tanah kelompok tani di serobot blum ada penyelesaian dan belum ada pembangunan kebun mayarakat( Plasma).

Rabu,tanggal 8 Februari 2023
Aceh Singkil

Harapan WALHI aceh agar pemerintah Aceh Singkil, dapat menegaskan peraturan undang- undang yang berlaku kepada pihak prusahaan kelapa sawit Aceh singkil sebagai hak dan kewajiban.
Agar perusahaan kelapa sawit di Aceh Singkil menjadi usaha yang berkelanjutan dan masyarakat sejahtra.

CIC.Coroption Investigation Comite Aceh Khairul Amri juga menegaskan agar pemerintah peduli hak rakyat dan tegas mengambil keputusan .

Presiden RI.ir jokowidodo sudah menegaskan jika perusahaan kelapa sawit sulit-sulit untuk menyelesaikan konflik terhadap masyarakat dan tidak mau membangunkan kebun masyarakat( plasma) .
dan apa bila ada perkampungan yang di klaim prusahaan di dalam HGU nya harus di lepaskan jika tetap bersikeras tidak mau maka pemerintah segera cabut izin konsesi nya tutup ” Khairul Amri investigation CIC Aceh.

Kabiro Aceh singkil
Levi manik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!