SMK  

SMKN 1 Empat Lawang Melaksanakan Kelas Industri bekerja sama dengan PT Astra Honda Motor

 

Publikasipendidikan.com Empat lawang Dalam era perkembangan kemajuan teknologi dan informasi, tentunya siswa – siswi SMK sudah tidak asing dengan istilah kelas industri, bukan? Di SMK, kelas industri ini biasanya melibatkan mitra dunia usaha dan dunia industri (DUDI) sebagai upaya untuk menyelaraskan perkembangan kemajuan teknologi tersebut sesuai dengan kebutuhan industri saat ini, pada tahun pelajaran 2023-2024 SMK Negeri 1 Empat Lawang Kembali membuka kelas industri Teknik dan bisnis sepeda motor yang langsung dibawah pembinaan PT Astra Honda Motor.

Apa saja manfaat kelas industi tersebut, mari Simak penjelasan berikut ini!

Kelas Industri merupakan program pengadaan kelas khusus dalam lingkungan SMK Negeri 1 Empat Lawang dibawah binaan PT Astra Honda Motor. Kelas ini dikelola secara bersama antara sekolah dengan industri. .

Mengapa Harus Kelas Industri? Tujuan Kelas Industri ini adalah untuk mencetak SDM dari SMK yang lebih berkualitas dengan bekerja sama langsung dengan perusahaan ataupun industri. Dengan model atau sistem pengelolaan bersama antara pihak industri dan sekolah, akan tercipta iklim belajar yang baru sehingga menjamin mutu pendidikan siswa.

Siapa Saja Peserta Kelas Industri?
Kelas Industri diikuti oleh peserta didik terbaik di SMK Negeri 1 Empat Lawang kelas XI yang bekerja sama dengan PT Astra Honda. Industri atau perusahaan tersebut tentunya harus sesuai dengan kompetensi atau jurusan yang diikuti oleh siswa.

Kapan Program Kelas Industri Berjalan?
Pada tahun pelajaran 2023-2024, Kelas Industri akan berjalan. Dunia pendidikan sendiri tentu tidak lepas dari kurikulum yang ada di masing-masing sekolah. Untuk menyempurnakan pengembangan kurikulum yang selaras antara dunia pendidikan dan dunia Industri perlu adanya Sinkronisasi Kurikulum. Dengan adanya keselarasan kurikulum antara sekolah dengan dunia industri, harapannya para siswa bisa mendapat bimbingan dan arahan dari dunia industri sehingga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berkualitas.

Bagaimana Proses Pembelajaran Kelas Industri?
Dari hasil sinkronisasi kurikulum yang telah disepakati sebelumnya, pengadaan kelas industri tentu dibuat agar tidak tidak mengganggu waktu belajar reguler siswa. Karena selain kurikulum dari industri, siswa tersebut masih harus mengikuti kurikulum reguler dari pemerintah, sehingga sebisa mungkin kurikulum dari industri dibuat sebaik mungkin agar tidak bertabrakan dengan kurikulum reguler. Selama mengikuti Kelas Industri, siswa akan diasah pengetahuan dan keterampilannya. Dengan arahan dan bimbingan expert dari dunia industri, tentunya diharapkan siswa juga akan memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan standard industri.

Sebagai program pengadaan kelas khusus dalam lingkungan sekolah, kelas industri Teknik dan bisnis sepeda motor menjaring siswa siswa terbaik SMK Negeri 1 Empat lawang kelas XI agar kembali mencetak prestasi kompetisi dibidang Teknik sepeda motor

“alhamdulillah sekolah kami, SMK Negeri 1 Empat lawang berhasil mendapatkan juara umum 3 pada kontes yang diadakan oleh Astra Honda pada bulan maret yang lalu, besar harapan kami pada kontes selanjutnya bisa mendapatkan peningkatan. Target yang diharapkan juara umum 1 agar siswa kami bisa bersaing dengan siswa terbaik SMK seindonesia”, Papar kepala sekolah yang akrab dipanggil pak matondang.

Dengan penyelarasan kurikulum nasional dan industry, kelengkapan sarana prasarana, serta siswa terbaik, SMK Negeri 1 Empat Lawang, melalui kerja sama langsung antara sekolah dengan industri maka diharapkan kelas industri ini akan mampu meningkatkan kompetensi keahlian siswa, sekaligus menciptakan sumber daya manusia (SDM) dari SMK yang lebih berkualitas

 

Pimpred:feri Indra leki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!